Saturday, April 8, 2023

Cara Alami Atasi Rambut Rontok

Ada banyak cara alami untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain perawatan topikal, diperlukan nutrisi tertentu untuk memperkuat akar dan merangsang pertumbuhan rambut untuk mengurangi kerontokan rambut.

Rambut rontok adalah masalah umum. Sekitar 50-100 helai rambut rontok sehari. Jika jumlahnya lebih banyak dan permanen, Anda mengalami kerontokan rambut yang parah dan membutuhkan perawatan yang tepat untuk mencegah kerontokan rambut. 

Berikut 6 Cara Alami Menghentikan Kerontokan Rambut 

Pertarungan melawan kerontokan rambut itu sendiri sangat serbaguna. Sebelum beralih ke obat rambut rontok, perawatan laser atau transplantasi rambut, tak ada salahnya mencoba berbagai cara pengobatan alami yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Ini adalah cara alami untuk mengatasi kerontokan rambut


Meski tampak sederhana, pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi kerontokan rambut bahkan merangsang pertumbuhan rambut. 

Berikut beberapa cara pengobatan alami yang bisa Anda coba:

1. Jangan terlalu sering keramas

Banyak orang berpikir bahwa mencuci rambut setiap hari dapat menjaga kesehatan rambut. Nyatanya, ini tidak sepenuhnya benar. Padahal, keramas yang berlebihan bisa menyebabkan rambut menjadi rusak, kering, mudah patah dan tampak lebih tipis.

Apalagi jika Anda mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan handuk. Karena itu, disarankan untuk mencuci rambut 1-3 kali seminggu. Kemudian, keringkan rambut Anda dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut pada rambut. 

2. Tata rambut Anda dengan lembut

Berbagai metode penataan seperti pewarnaan rambut, penataan dan pengeritingan dapat merusak, mengeringkan dan mengiritasi tulang belakang. Di saat yang sama, kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga bisa mencabut akar rambut sehingga membuat rambut mudah rontok.

Untuk meminimalisir kerontokan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala, sebaiknya hindari rambut-rambut yang disebutkan di atas. Jika Anda memilih untuk mengeringkan rambut, hindari suhu panas karena dapat merusak rambut dengan cepat. 

3. Terapkan gaya hidup sehat

Beberapa penyakit, seperti kekurangan gizi dan anemia atau kekurangan darah, bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, cobalah untuk menjalani gaya hidup sehat dengan makan sehat dan berolahraga secara teratur.

4. Gunakan minyak rambut

Menggunakan minyak rambut juga dapat mengurangi kerontokan rambut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa untuk mengatasi kerontokan rambut Anda.

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secukupnya ke kulit kepala lalu memijatnya dengan lembut dengan gerakan memutar.

Oleskan sisa minyak yang menempel di tangan ke seluruh bagian rambut, termasuk ujungnya. Kemudian tutup dengan handuk dan biarkan semalaman lalu cuci hingga bersih. 

5. Oleskan masker rambut

Penggunaan masker rambut secara teratur tidak hanya dapat melembabkan rambut, tetapi juga mengurangi kerontokan rambut. Anda bisa membuat masker rambut rontok di rumah menggunakan bahan alami seperti kuning telur dan lidah buaya.

Kuning telur mengandung vitamin A, biotin, asam amino, dan asam folat, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Sedangkan lidah buaya mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B12, asam folat dan kolin yang bermanfaat untuk menguatkan rambut. 

6. Nutrisi rambut yang tepat

Tidak hanya dari luar, Anda juga perlu merawat rambut dari dalam dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk mengurangi kerontokan rambut. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut rontok adalah vitamin A dan seng.

Vitamin A diperlukan untuk merangsang pertumbuhan rambut untuk mencegah penipisan rambut. Seng adalah sama. Nutrisi tunggal ini juga dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki jaringan rambut serta menjaga kelembapan alami rambut.

Jika Anda sudah mencoba cara pengobatan alami di atas, namun kerontokan rambut tidak kunjung hilang, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kerontokan guna menentukan pengobatan atau perawatan yang tepat. 

No comments:

Mengenal Mento Sumenep: Warisan Kuliner Keraton yang Menggugah Selera

Beberapa kuliner dari Pulau madura ini mungkin masih asing bagi Anda semua, bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Apa sih makanan ini te...