Friday, May 7, 2010

Google Hadirkan Penerjemah Lewat Kamera Ponsel


Jakarta - Para pecinta Android, bersiaplah mendengar kabar gembira. Google telah resmi menghadirkan aplikasi Android Google Goggles, yaitu penerjemahan teks menggunakan kamera.

Google Goggles, demikian nama aplikasi tersebut, masih dalam format beta dan tengah diuji coba. Yang menarik dari aplikasi penerjemahan ini, pengguna hanya tinggal mengarahkan kamera ke teks yang akan diterjemahkan. Kemudian, Google Goggles langsung menerjemahkannya ke bahasa asli si pengguna.

Karena cara kerjanya itu, Google menyebut aplikasi ini sebagai fitur penerjemahan berbasis gambar. Menarik bukan?

Dikutip detikINET dari PC World, Jumat (7/5/2010), JR Raphael dari PC World menjajal aplikasi unik ini. Dia menyebutkan bahwa menggunakan Google Goggles sangatlah mudah.

Setelah mengunduhnya, Anda hanya tinggal membuka aplikasi tersebut dan mengarahkan kamera ponsel ke teks yang akan diterjemahkan. Bisa ke menu makanan asing, penunjuk jalan, atau apapun," kata Raphael.

Menurutnya, aplikasi seperti ini akan sangat membantu para pelancong saat berpergian ke luar negeri. "Saya mencobanya untuk menerjemahkan menu makanan berbahasa Prancis. Aplikasi ini membantu saya menerjemahkan makanan yang ingin dipesan. Demikian juga pada saat saya kebingungan dengan penunjuk jalan," terangnya.

Untuk saat ini, baru lima bahasa yang dimasukkan dalam fitur penerjemahan Google Goggles, yakni bahasa Inggris, Prancis, Italia, Jerman dan Spanyol.

Google masih terus mengembangkannya agar bisa mencakup bahasa lain yang juga banyak digunakan di seluruh dunia seperti Arab, Latin, Hindi China dan sebagainya.

Aplikasi ini sebelumnya telah diumumkan oleh Google dalam beberapa kesempatan. Termasuk dipamerkan dalam Mobile World Congress 2010 di Barcelona, Spanyol awal 2010 lalu. ( wsh / wsh )

No comments:

Kekuatan Hijau Lidah Buaya: Rahasia Kesehatan Alami

Dalam pelukan alam tersembunyi rahasia kesehatan yang telah lama dihargai sejak zaman kuno, lidah buaya atau Aloe vera, tanaman serbaguna ya...